Langsung ke konten utama

Kegiatan Belajar Mengajar



TPQ al-Azhar menerapakan kurikulum pendidikan baca tulis al-Quran yang mengacu pada sistem pendidikan dan panduan Iqra dari AMM Yogykarta. Namun untuk kemudahan dalam penyampaian materi penunjang, seperti doa, bacaan shalat, tajwid, dan materi lain kami sesuaikan dengan kondisi santri.
Untuk itu disusunlah kurikulum dengan sistem semesteran. Artinya, dalam satu jilid Iqra’ santri ditarjet menyelesaikannya selama satu semester. Adapun kurikulum tersebut sebagai berikut:

KELAS I
BACA - TAULIS IQRO' JILID 1
DO'A HARIAN DO'A/BACAAN SHALAT SURAT PENDEK TAJWID
Do'a Sebelum makan Bacaan Syahat Tauhid dan Rosul An Nas
Do'a setelah makan Niat Shalat Dhuhur Al Ikhlas
Do'a sebelum tidur Niat Shalat Maghrib Al Falaq
Do'a bangun tidur
Do'a Kebahagiaan Dunia Akhirat
Do'a Untuk Kedua Orang Tua

KELAS II
BACA - TAULIS IQRO' JILID 2
Do'a Masuk Kamar Kecil (WC) Niat Shalat Ashar Al Kautsar
Do'a Keluar Kamar Kecil (WC) Niat Puasa Ramadhan Al lahab
Do'a Berbuka Puasa Niat Wudhu An Nasr
Do'a Naik Kendaraan
Do'a Setelah Wudhu
Do'a Keluar Rumah

KELAS III
BACA - TULIS IQRO' JILID 3
Do'a masuk Masjid Niat Shalat Isya' Al kafirun
Do'a Keluar Masjid Niat Shalat Subuh Al ma'un
Do'a Setelah Adzan Niat Shalat Jum'at Al Quraisy
Adzan dan Iqomah Al Fiil
Bacaan do'a Iftitah
Bacaan Rukuk

KELAS IV
BACA - TULIS IQRO' JILID 4
Do'a Mendengar Musibah Bacaan I'tidal Al humazah
Do'a Memakai Pakaian Bacaan Qunut At takasur
Doa Bersin dan Jawabnya Bacaan Sujud Al Qori'ah
Bacaan do'a duduk diantara sujud
Tahiyat awal & Akhir

KELAS V
BACA - TULIS IQRO' JILID 5
Do'a Bercermin Bacaan Shalat dari awal samapi akhir Al 'Adiyat
Doa Pengakuan Kelemahan diri Bacaan Sujud Syukur Al zilzal
Do'a Ketika menengok orang sakit Bacaan Sujud Tilawah Al Bayinah
Sujud Sahwi Al Qodr

KELAS VI
BACA - TULIS IQRO' JILID 6
Do'a Al Qur'an Niat Shalat idhul fitri Al 'aAlaq
Niat shalat idhul adha At Tiin
Niat shalat Tahiyatal masjid Al Insyiroh
Niat Shalat Dhuha Ad duha
Niat Shalat Tarawih
Niat Shalat Witir

KELAS TQA
BACA - TULIS AL-QURAN
Sholawat Nariyah Wirid Setelah Shalat
Niat sholat sunah qobliyah & Ba'diyah
Tata Cara Shalat Jenazah
Niat Shalat Tahajut
Niat Shalat Tasbih

METODE PEMBELAJARAN

Untuk memenuhi kurikulum Iqra’ tersebut dan materi lain, dibutuhkan waktu 6 semester dengan waktu belajar 1,15 jam (pukul 16.00-17.15) per hari selama 4 hari (Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis) dalam seminggu. Sehingga dalam semester ke-7 atau memasuki tahun ke-empat santri sudah masuk di kelas al-Quran dan santri sudah mengusai membaca dan menulis al-Quran. Di kelas al-Quran santri diharapkan dapat menyelesaikan al-Qur’an 30 juz dalam waktu 2 tahun (4 semester) dengan baik, benar, lancar, dan fasih. Di samping itu santri juga menguasai materi pendukung pengetahuan agama Islam.
Maka dari itu untuk mecapai target pendidikan tersebut, dalam proses pembelajaran, TPQ al-Azhar menggunakan sistem klasikal (bersama-sama) dan sorogan (individual). Ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan santri secara personal dan mendidik santri dalam kebersamaan.
Untuk jilid 1-6 Iqro’disampikan dalam satu muka (halaman) tidak harus dibaca semua, tapi cukup dipilih pokok bahasan. Terpenting adalah pokok bahasan tersebut santri mampu menguasai dengan baik dan benar. Di sela-sela pengajaran secara individual, ustadz/ah memberikan tugas menulis materi Iqro’ kepada santri lain.
Untuk materi penunjang diajarkan setiap pertemuan (Senin-Kamis). Materi penunjang ini diajarkan setelah do’a belajar dengan dibaca bersama-sama. Untuk kelas jilid 1-3 yang santrinya belum bisa membaca, maka ustadz/ah memberikan contoh, kemudian santri menirukan.
Untuk jilid 4-6 jika santri yang belum hafal disuruh membaca buku penunjang. Dalam menyampaikan materi penunjang harus terus menerus. Contoh minggu pertama membaca do’a sebelum makan, minggu kedua jika santri dipandang sudah mengusai, maka dilanjutkan do’a sesudah makan. Tetapi do’a sebelum makan juga dibaca dan seterusnya dengan do’a-doa lain.
Dalam menyampaikan materi penunjang ustadz/ah harus juga perpatokan dengan waktu. Waktu menyampaikan materi penunjang maksimal sampai pukul 16.30.WIB, setelah itu waktu digunakan untuk materi wajib Iqro.
Penyampaian materi penunjang selain dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) juga dapat diajarkan melalu pertanyaan sebelum pulang. Sehingga diharapkan setelah melihat santri yang pandai, santri lain punya keinginan menghafal dengan sendirinya tanpa ada unsur paksaan dari ustadz/ah. Hal serupa juga dilakukan untuk kelas al-Qur’an.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Piagam Ijin Operasional

Piagam Ijin Operasional

TPQ AL-AZHAR PERMATA PURI

TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) AL-AZHAR BUKIT PERMATA PURI NGALIYAN SEMARANG VISI Menjadi lembaga pendidikan Islam yang bisa memberikan warna bagi kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dengan menyiapkan generasi Qurani guna menyongsong masa depan yang gemilang. MISI Membekali generasi muda dengan kemampuan membaca, menulis, dan pemahami al-Quran. Mendidik putra-putri Islam dengan akhlak dan budi pekerti luhur. Menjadi wadah dakwah di era modern. SEJARAH Taman Pendidikan al-Quran (TPQ) al-Azhar lahir diilhami minimnya penguasaan ilmu keislaman, terutama baca tulis al-Quran di lingkungan perumahan Bukit Permata Puri yang baru saja dibuka. Padahal, al-Quran merupakan pedoman bagi umat Islam yang harus dipahami dan diamalkan. Langkah awal pastinya adalah bagaimana cara untuk membaca teksnya terlebih dahulu dan menulisnya dengan baik dan benar. Menyiapkan generasi yang berakhlak, berbud pekerti luhur mejadi kewajiban dan tanggung jawab generasi pendahulu. Karena tida